7 Peluang Usaha di Desa Minim Pesaing dan Menjanjikan

 


Peluang usaha apa saja di desa yang belum banyak pesaing. Terlebih, saat ini marak sekali pihak-phk di kantor sehingga kita harus memutar otak mencari Sumber penghasilan yang baru. Ada beberapa keuntungan membuka usaha di desa yaitu modal awal yang lebih terjangkau, pesaing yang masih sedikit dan potensi pasar yang besar. Anda juga tidak perlu meninggalkan kampung halaman dan keluarga anda untuk mencari nafkah.


Adakah peluang usaha di desa yang menjanjikan dan belum banyak pesaing di tahun 2023? Mau tahu selengkapnya.. yuk, simak pembahasannya!


Peluang usaha di Desa yang jarang diketahui dan masih minim pesaing: 

1. Usaha Cabe Rawit

Usaha cabe rawit seringkali disepelekan sebagai usaha yang kecil dan tidak diminati orang-orang. Tetapi apabila Anda mengetahui fakta-fakta berikut, Anda pasti tergiur untuk mencoba usaha cabe rawit. Per bulan Mei 2023 harga 1 kilo cabe rawit adalah Rp42.600 sedangkan bibit cabe rawit sendiri hanya Rp10.000 per 200 biji. Nah, dari 200 biji bibit bisa dijadikan bibit pohon cabe rawit dan dijual kembali dengan harga Rp5.000 per pohon. Hanya dari penjualan bibit saja Anda bisa mendapatkan untuk Rp9.990.000, modal Rp10.000 jadi 10 juta.

2. Usaha Kuota dan Pulsa

Usaha kuota dan pulsa merupakan jenis usaha yang banyak diminati di Indonesia. Terutama di daerah pedesaan yang sulit dijangkau oleh jaringan telekomunikasi. Usaha ini dapat dilakukan dengan membuka counter sendiri atau bekerja sama dengan warung-warung di pedesaan. Dengan perhitungan harga pulsa Rp50.000 dan dijual 52.000. Maka, apabila 20 orang membeli pulsa dalam satu hari Anda mendapat keuntungan Rp40.000. Tetapi, apabila Anda memiliki 10 konter kecil atau 10 kerjasama dengan warung dalam satu hari, Anda bisa mendapat keuntungan Rp400.000. Dalam satu bulan 12 juta sudah di tangan Anda!


3. Minyak Jelantah

Minyak jelantah atau minyak bekas gorengan biasanya dianggap limbah dan dibuang begitu saja. Padahal jika diolah dengan benar minyak jelantah bisa dijadikan Bahan baku untuk produk-produk lainnya. Jika dijalani dengan serius, Anda akan mendapatkan omzet 200 juta per bulan dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga sekitar. Peluang usaha pengolahan minyak jelantah ini sangat menjanjikan minyak bukan?


4. Usaha Briket Arang

Usaha briket arang adalah usaha yang dapat dijalankan di desa dan memiliki banyak manfaat baik dari segi ekonomi maupun lingkungan. Briket arang merupakan bahan bakar yang terbuat dari serbuk kayu atau serbuk arang dengan teknologi pemadatan tertentu. Usaha briket arang juga tergolong bisnis prospek besar tingkat dunia. Cara membuat briket arang yaitu mengumpulkan tempurung kelapa, kemudian membakar Tempurung lalu menumbuknya sampai halus. Setelah diayak, hasil ayakan dicampur dengan adonan tepung kanji briket lalu dicetak sesuai ukuran yang dikehendaki dan dijemur hingga kering. Usaha menjanjikan yang patut dicoba!


5. Usaha Pembuatan Irigasi

Masyarakat desa sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Dengan pola ekonomi semacam itu maka usaha pembuatan jasa irigasi pasti diminati oleh masyarakat desa. harga pembuatan irigasi desa dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti lokasi, ukuran, kondisi tanah dan jenis teknologi yang digunakan. Namun, pada umumnya biaya pembuatan irigasi dapat mencapai jutaan rupiah hingga puluhan juta rupiah. 


6. Usaha SPBU Mini

Usaha SPBU mini adalah bisnis yang menjanjikan karena kebutuhan bahan bakar yang terus meningkat. Khususnya bagi masyarakat desa yang biasanya sulit memiliki akses ke SPB besar, maka usaha SPBU Mini ini pasti diminati masyarakat desa. Akses jalan yang cukup jauh ke kota membuat masyarakat desa memilih tempat terdekat untuk mengisi bahan bakar. Meskipun margin keuntungannya tidak terlalu besar dari harga bensin dasar tetapi Anda dapat mendapatkan keuntungan dari kuantitas. Anda dapat memiliki beberapa SPBU Mini dengan modal kecil dan target pasar yang jelas sudah ada. Masyarakat pun akan membeli bensin di SPBU Mini Anda yang sedikit lebih mahal dari SPBU biasa dibandingkan harus habis bensin untuk ke SPBU di kota.


7. Usaha Villa

Usaha Villa pedesaan merupakan bisnis yang menjanjikan karena semakin banyaknya wisatawan yang ingin menikmati suasana pedesaan yang tenang dan alami. Kebanyakan orang kota sudah muak dengan hiruk pikuk kota yang begitu menguras jiwa mereka sehingga membutuhkan healing ke desa. Meskipun harga tanah di desa lebih murah dari di kota tetapi ketika anda membangun villa di desa Anda dapat memberikan rate harga tinggi per malamnya bahkan lebih tinggi dari di kota karena pemandangan yang ditawarkan.


Penutup


Itulah 7 peluang usaha di desa yang belum banyak pesaing versi Wiratech. Bisnis di desa bukan hanya menguntungkan tetapi juga dapat membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat sekitar karena sesungguhnya sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain.



SUMBER

LihatTutupKomentar